Tour Sulawesi Barat-Sulawesi Tengah


HLMRent Tour Sulawesi 2012Dalam perjalanan kali ini kami akan membahas kondisi jalan, situasi alam, jarak tempuh dan waktu tempuh dari Salah satu kota paling Barat dari sulawesi yaitu Mamuju-Sulawesi Barat menuju Kota Palu-Sulawesi Tengah.

Seperti pada pembahasan sebelumnya yaitu HLMRent Tour Sulawesi 2012, Sulawesi Selatan menuju sulawesi barat, kita mengakhiri perjalanan di provinsi sulawesi barat ini di sebuah Hotel yang kami rekomendasikan yaitu D’Maleo Hotel Mamuju, awal perjalanan kita kali ini menyambung cerita sebelumnya.

Check out dari D’Maleo Hotel Mamuju, perjalanan dimulai setelah meninggalkan hotel dan mulai menelusuri jalan di tepian pantai kota ini memasuki tengah kota yang belum terlalu luas mengingat ibu kota dari provinsi ke-dua terbaru di sulawesi setelah Gorontalo ini masih dalam perjalanannya mengembangkan dan menata kota setelah terlepas dari induknya yaitu Sulawesi Selatan. Tata kota dan pengembangan kota mamuju ini dapat dikatakan sangat pesat jika diperhitungkan dengan waktu berdirinya.

Setelah menelusuri pusat kota, kita dapat melihat papan petunjuk arah menuju kota Pasangkayu yang mengarah ke utara. Sangat mudah menemukan papan petunjuk arah di kota ini karena masih sangat terawat dan terhindar dari tangan jahil masyarakat yang tidak bertanggung jawab, cukup menelusuri bypass/Jalan poros dan melihat petunjuknya.

Menuju arah kota Pasangkayu kabupaten Mamuju Utara, kondisi jalan sangat Baik, Mulus, Lebar (ukuran Rata2 Jalan di Sulawesi). Jalan ini telah di Benahi setelah Sulawesi barat melepaskan diri dari sulawesi selatan, perjalanan menuju arah utara searah dengan letak Bandar Udara/Airport kota mamuju yang terletak sekitar 20 Km dari pusat kota, Jalan ini Relatif Berliku tetapi tidak terlalu disesuaikan dengan kemiringan jalan di kelokan tersebut sehingga membuat kendaraan agak oleng ketika memasuki kelokan. Tetapi perjalanan sangat baik untuk ukuran jalan tersebut.

130 Km perjalanan dari Kota Mamuju atau sekitar 3 jam waktu tempuh, kita memasuki ibu kota kecamatan Topoyo, di kota topoyo ini kita dapat mencari Rumah makan untuk istirahat sejenak dan makan siang karena untuk menempuh jalan selanjutnya agak sulit mencari rumah makan, rumah makan yang menyajikan ikan bakar khas sulawesi tempatnya di poros mamuju pasangkayu “rumah makan pak kalla”. Setelah makan siang perjalanan kita lanjutkan menuju arah Pasangkayu ibu kota kabupaten Mamuju Utara yang melewati kota Bambaloka, kondisi jalan di daerah ini sebagian masih bergelombang diakibatkan kontur jalan yang sangat mudah bergeser di daerah perkebunan kelapa sawit mengakibatkan cepatnya kerusakan jalan, kami sarankan berhati-hati maks.kecepatan 60Km/jam karena jalan ini juga sangat banyak memiliki jalan berkelok , 300 Km telah ditempuh dari kota Mamuju hingga sampai di kota pasangkayu. Setelah melewati kota pasangkayu, perjalanan menuju kota Donggala setelah melewati perbatasan provinsi sulawesi barat dan sulawesi tengah, jalan berliku melewati bukit dengan hamparan laut di sekitarnya menambah kenikmatan berkendara dengan pemandangan indah di sekelilingnya.

Memasuki kota Donggala yang mempunyai masakan khas dari kota ini yaitu KALEDO, sup dari kaki lembu/sapi dengan tulang yang terisi sum-sum, sangat nikmat. Nama KALEDO sendiri berasal dari singkatan “kaki lembu Donggala”. Sepanjang kota ini menuju kota Palu yang jaraknya sekitar 26 Km, anda akan disuguhkan pemandangan tepian pantai teluk palu yang indah, kota Palu telah kelihatan menanti kedatangan anda setelah melalui jarak sekitar 450 Km dari kota Mamuju sulawesi Barat ke kota palu Sulawesi Tengah.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 jam dan jarak sekitar 450 Km dari kota Mamuju, akhirnya kita sampai di Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah ini, Kota Palu. Di Kota ini kami mendapat berbagai pilihan Hotel, mulai dari D’Silae Hotel Palu atau Swiss Bell Hotel, Hotel Grand Duta Palu, Rama Garden Hotel yg berada di tengah kota, dan D’Stone Hotel Mercure.

akhirnya pilihan kami yaitu Hotel Grand Duta yg letaknya di tepi Pantai teluk Palu bersebelahan dengan D’Stone Hotel Mercure. Hotel ini relatif murah dengan fasilitas yang sesuai. Istirahat di hotel ini sebelum melanjutkan perjalanan menuju kota Palopo Sulawesi Selatan yang akan kami rangkai dalam HLMRent Tour Sulawesi 2012, Sulawesi Tengah menuju sulawesi Selatan berikutnya.

Dalam Perjalanan ini, kami tidak bekerjasama atau disponsori dari pihak manapun. Adapun beberapa hotel dan tempat yang kami rekomendasikan adalah murni menurut penilaian kami.

Tidak ada komentar: