TANJUNG BIRA, SULAWESI SELATAN.


Rental mobil makassar,


Wisata Pantai Tanjung Bira terletak di ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Akses untuk menuju ke Tanjung Bira pun sangatlah mudah,
Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari Kota BuluKumba, atau 200 km dari Kota Makassar. anda dapat menggunakan jasa rental mobil makassar untuk liburan di tempat ini jika ingin lebih nyaman dalam transportasi, tetapi anda juga dapat memilih sendiri transportasi untuk perjalanan anda. Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau APV dengan tarif sebesar Rp. 70.000,-. Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil mikrolet tetapi di daerah ini biasa disebut pete-pete dengan tarif berkisar antara Rp. 10.000,- sampai – Rp. 15.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 4 – 5 jam. Jika pengunjung berangkat dari Bandara Hasanuddin, langsung menuju ke terminal Malengkeri (Kota Makassar) dengan menggunakan taksi atau jasa paket drop off rental mobil makassar yang tarifnya sekitar Rp. 150.000,-. Di terminal ini kemudian naik mobil angkutan umum tujuan Bulukumba atau yang langsung ke Tanjung Bira. Di kawasan wisata Tanjung Bira, angkutan umum beroperasi hanya sampai sore hari. Jika pengunjung harus kembali ke Kota Makassar pada sore itu juga, di sana tersedia mobil carteran (sewaan) atau dapat memesan jasa rental mobil Makassar sebelumnya dengan tarif Rp. 700.000,-. Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp. 5.000,-.
catatan:ada beberapa tips memilih perusahaan rental mobil di makassar, agar anda terhindar dari penipuan ataupun hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan anda, agar anda aman berkendara patuhilah peraturan dan beberapa tips aman berkendara.

Wisata Pantai Tanjung Bira pun merupakan salah satu Wisata Pantai Terindah di Indonesia yang ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sunset maupun sunrise akan terlihat dengan lebih indah menawan di Tanjung Bira.
Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih, baik untuk tempat berenang dan berjemur. Disini kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan cahayanya yang berkilau nenbersit pada hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer. Pantai bira yang sudah terkenal hingga mancanegara, kini sudah ditata secara apik menjadi kawasan wisata yang patut diandalkan. Berbagai sarana sudah tersedia, seperti perhotelan, restoran, serta sarana telekomunikasi, Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan. Pantai ini termasuk pantai yang bersih, tertata rapi, dan air lautnya jernih. Keindahan dan kenyamanan pantai ini terkenal hingga ke mancanegara. Turis-turis asing dari berbagai negara banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk berlibur. Pantai Tanjung Bira sangat indah dan memukau dengan pasir putihnya yang lembut seperti tepung terigu. Di lokasi, para pengunjung dapat berenang, berjemur, diving dan snorkling. Para pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.
pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran,

penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 600.000,- per hari. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif Rp. 30.000,-. Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut yang masih lengket di badan. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp. 65.000,-. Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan kapal ferry yang siap mengantarkan pengunjung yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar. Pulau Selayar, tepat di sebelah selatan dari ujung paling selatan Sulawesi Selatan, telah lama terabaikan oleh para traveler dan para penyelam. Pulau ini ditutupi dengan hutan hujan primer. Tulang belakang timur Selayar adalah pegunungan 75km panjang yang mencapai hingga 600 dan jatuh langsung ke laut, terus kedalaman 2-3,000 meter. Formasi ini telah menciptakan beberapa penyelaman terbaik di Indonesia. Hutan primer Selayar yang menyembunyikan air terjun berjenjang yang roboh ke pantai dari salah satu puncak gunung setinggi 500 meter. Sumber air tawar memasuki laut di sebuah desa kecil dan laguna dan merupakan rumah bagi beberapa hewan laut yang menikmati air payau yang diciptakan oleh pencampuran dari sumber mata air tawar dan laut biru murni hanya berjarak 25 km dari karang atol terbesar ke-3 di dunia, Takabonerate.Menyelam di sekitar Bira sendiri pada terumbu karang yang bagus, namun yang paling menonjol sejauh ini adalah dinding Sheer dari Pulau Kambing, sebuah lempengan batu dingin bangkit dari laut antara Bira dan Pulau Selayar, dimana tutupan karang dan ikan hidup yang fantastis.

Namun, karena pulau ini membentang dari Utara ke Selatan, angin yang
berhembus di wilayah tersebut membuat pantai Timur Selayar diakses hanya dalam bulan Oktober sampai Maret, ketika gunung Selayar itu tempat penampungan berbagai dinding-dinding Pantai Timur dan terumbu karang dari angin yang datang langsung dari barat.
Dalam bulan April hingga September, ketika angin datang dari Timur, aktivitas gelombang di timur pantai ini benar-benar membuat mustahil bagi nelayan untuk mengeksploitasi daerah ini. Pemerintah setempat baru-baru
ini memberi selayar sebagai status kawasan konservasi khusus untuk terumbu di ujung Selatan Selayar. Biaya akses yang dikenakan pada penyelam yang mengunjungi daerah ini, yang meliputi biaya kapal patroli polisi reguler, menjamin pelestarian lanjutan dari area khusus.


Pantai timur Selayar dikatakan memiliki beberapa pantai
yang paling menakjubkan di Indonesia, dengan menyelam untuk mencocokkan. Pulau Selayar sebuah pulau sempit setinggi 4000 m dari dasar laut Banda, penuh air terjun dan gua-gua alam yang natural.
Lokasi penyelaman di sini itu
sejauh 3 km rumah karang panjang dalam kondisi murni, dengan dinding curam tebal ditutupi di karang keras dan lunak. kapal cepat (speed boat) memungkinkan Anda untuk mencapai berbagai situs lain, dan mengikuti anda selama menyelam di daerah itu. Ada sebagian besar penyelaman dinding kehidupan laut termasuk nudibranch, karang-ikan, dan barakuda, kura-kura, pelagis, ikan kerapu, elang dan pari manta, hiu karang dan bahkan hiu hammerhead-. Lumba-lumba, paus dan duyung terlihat selama perjalanan Anda.